Minggu, 10 Januari 2010

Parasit pada Guinea Pigs

GP kadang-kadang suka menggaruk badannya sendiri, tetapi apabila ini berlangsung berulang-ulang ada kemungkinan GP anda terjangkit parasit seperti kutu, dan/atau tungau. Parasit-parasit yang paling umum hanya terdapat pada GP dan beberapa spesies tertentu lainnya, artinya parasit ini tidak bisa menular kepada manusia atau spesies hewan lain. Dan parasit yang sejauh ini paling umum terdapat pada badan GP adalah tungau mange. Parasit mikroskopik ini menyebabkan rasa sakit yang menyiksa pada GP. Obati dengan ivermectin!

Mange
Mange adalah parasit umum yang menyerang kulit GP. Parasit ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan rontoknya bulu GP dalam jumlah besar (biasanya berbentuk serumpun atau lebih) di bagian belakang badan GP. Apabila anda mendeteksi GP anda terjangkit mange ini, sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mange tersebut bisa diatasi, tetapi penyakit yang melibatkan rambut rontok bisa mengindikasikan masalah lebih lanjut, baik internal maupun eksternal.

Ringworm
Ringworm adalah parasit kulit yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan rambut rontok di seluruh kepala, leher dan hidung GP. Parasit ini biasanya menginfeksi GP muda dan ditularkan dari satu GP ke GP yang lain dan dapat pula menular dari hewan peliharaan kepada pemiliknya. Selalu berhati-hati saat memegang GP yang mungkin telah terjangkit penyakit ini dan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah memegang hewan peliharaan Anda. Untuk mengobati ringworm bawa hewan Anda ke dokter hewan - ringworm biasanya diobati dengan baik oles atau obat oral

Lice
Lice adalah parasit kulit (kutu) yang hidup dengan menggigit dan menghisap darah dari GP - mereka biasanya ditemukan melekat pada folikel rambut. Kutu dapat menyebabkan luka, rambut rontok dan iritasi kulit berat dan gatal-gatal. Jika Anda mencurigai hewan peliharaan Anda terjangkit kutu, berhati-hatilah saat menangani hewan peliharaan Anda karena kutu dapatmenular dari hewan ke manusia. Selalu cuci tangan sebelum dan setelah memegang hewan peliharaan Anda. Kutu pada umumnya dirawat dengan obat sampo. Sebelum memulai pengobatan, selalu berkonsultasi dengan dokter hewan.

Ciccodioses
Ciccodioses adalah penyakit hati dan usus yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal. GP terjangkit penyakit ini melalui mengkonsumsi makanan atau air yang telah terkontaminasi dengan pup. Respons fisik GP terhadap jenis penyakit ini tergantung pada sejumlah faktor dan dapat terlihat dari sejumlah cara. GPa yang terinfeksi ciccodia dapat mengalami pendarahan pada pupnya dan mengalami diare, dan menyebabkan GP mengalami dehidrasi dan penurunan berat badan. Anda harus mencari bantuan seorang dokter hewan untuk mengobati penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar