Selasa, 29 Januari 2013

OSCE pertamaku

Semua mahasiswa kedokteran pasti bakal ngalamin yang namanya osce. Buat yang belum tau, osce (Obejective Structure Clinical Examination) itu adalah ujian skills lab dan itu seperti simulasi kita bertemu dengan pasien yang sesungguhnya. Nah, pelajaran skills lab lebih banyak prakteknya. Semester satu ini, skills lab yang gw pelajari adalah vital sign, cuci tangan furbringer, wawancara, dan antropometri. Disini gw pengen menceritakan pengalaman pertama gw osce dari mulai latihan sampai pas ujiannya.

Saat pertama kali tahu jadwal osce , gw panik. 2 MINGGU LAGI LHO! dan kemudian setiap hari gw coba buat ngapalin langkah-langkah dari tiap materinya. Dari keempat materi yang tadi gw sebutin diatas, yang paling gw takut ada 2 hal yaitu periksa tekanan darah pake tensimeter dan stetoskop dan periksa tebal lemak kulit. Untuk yang tekanan darah, gw takut gak bisa denger nadi pasien simulasi (OP) itu dan kalo gak bisa denger, gw gak bakal bisa ngukur tekanan darahnya. Kemudian gw coba latihan dengan temen-temen gue Martha, Arum, dan Rahma dikosan arum (kosan rahma juga sih). Kita ganti-gantian periksanya biar semuanya bisa latihan. Untung si Arum punya stetoskop dan tensimeter :D (itu juga sih alasan gw latihan dikosan dia hehehe). Pas gw periksa si Martha, duh nadinya lemah dan suka ilang-ilang jadi agak susah didengarnya tapi akhirnya bisa juga sih ngukur tekanan darahnya. Terus kalo tebal lemak kulit yang gw takutin adalah bagian anatomi tubuh yang mau diukurnya. Gw takut salah tempat! Tapi segala usaha gw jalanin biar gak fail pas ujian. Gw coba browsing tentang anatomi tubuh di internet, gw cari bagian-bagian yang bakal diukur, gw printscreen gambar-gambarnya dan gw coba perhatiin tubuh gw didepan cermin dan mulai mencari bagian2 itu di tubuh gw.

3 hari sebelum osce, gw dan beberapa temen gw latihan bareng lagi tapi diruang skills labnya. Ini diperbolehkan kalo ruangan skills labnya lagi gak dipakai. Ada Adin, Iwan, Martha, Iwa, Arum, Rahma, dan... gw lupa siapa lagi (-_-") Pertama, kita ke ruangan cuci tangan. Pas gw yang praktek, arum yang ngeliat waktunya.Gw harus bisa selesai kurang dari 7 menit. Ternyata gw selesai sekitar 6 menitan. Kalo Arum sekitar 4 - 5 menit. Lumayanlah untuk permulaan... Terus kita ke ruangan antropometri. Antropometri itu ada 3 pengkuran yaitu tebal lemak kulit, lingkar pinggang dan panggul, dan yang terakhir berat badan, tinggi badan, dan lingkar lengan atas. Pertama-tama kita belajar tebal lemak kulit, karena mayoritas temen-temen gw juga pada belum bisa. Iwan sebagai OPnya terus Adin yang meriksanya. Pas lagi ngukur bisep dan trisep, kulit si Iwan lepas dari kalipernya (alat ukur untuk tebal lemak dan lingkar lengan atas) hahaha dia keliatan kesakitan gitu habisnya si Adin langsung lepas tangannya dari kaliper sih :D harusnya tangannya tetep di kaliper. Belum sampe habis latihan antropometri, gw harus balik karena ada keperluan mendadak. Jadi gak bisa liat latihan lingkar pinggang dan panggul juga tinggi badan, berat badan, dan lingkar lengan atas deh.

Hari H....
OMG, I'm really really nervous....
Sekarang tinggal berusaha semaksimal mungkin dan pokoknya jangan pernah keliatan nervous atau blank didepan penguji. Beberapa jam sebelum osce, gw lunch bareng sama bowlie sambil dia bantuin gw untuk ngapalin materi osce :)  Dia juga gak lupa nyemangatin gw. Itu buat rasa nervous gw sedikit berkurang :) Dia sampe hapal lho materi osce gw gara-gara bantuin gw ngapalin hehehe. Jam 14.15 gw udah berada didepan  YARSI MINI HOSPITAL tempat dimana osce berlangsung. Temen-temen gw yang udah selesai osce berkumpul dengan yang baru mau masuk. Mereka pada sharing tentang osce mereka. Ada yang nyeritainnya bahagia karena berhasil menaklukan para penguji osce dan ada juga yang sedih karena ngerasa gagal dengan oscenya. Gw mencoba untuk tenang dan mengambil point penting dari setiap cerita-cerita mereka. Kemudian, satu per satu mahasiswa mulai dipanggil untuk masuk kedalam dan akhirnya nama gw disebutkan hmmmm still nervous....
Oya, untuk para mahasiswa jangan sampe lupa bawa pulpen pas osce karena pulpen itu penting bgt!
Sebelumnya beberapa mahasiswa dikumpulin dulu di suatu ruangan yang penuh dengan peralatan skills lab. Ada tensimeter, stetoskop, manekin-manekin, tempat tidur, dll. Disana gw dan temen-temen berdoa dulu sebelum skills lab berlangsung. Setelah itu kita mulai keluar dari ruangan itu dan masuk keruangan ujian.

CUCI TANGAN

Ruangan pertama gw adalah ruang cuci tangan OK. Sambil nunggu mahasiswa yang masih ada disana, gw coba ngapalin lagi langkah-langkahnya. Gak lama nama gw dipanggil dan gw harus masuk kedalam. Hal pertama waktu itu gw harus mengisi identitas gw diselembar kertas yang berisi langkah-langkah cuci tangan. Setelah itu gw mulai melakukan cuci tangan furbringer. Diawal-awal lancar jaya... tapi pas bagian pake sarung tangan gw agak kesulitan buat ngambilnya. Ngambilnya gak bisa sembarangan ada tekniknya. Hampirrrr aja itu sarung tangan jatuh ke lantai. Untungnya cepet-cepet gw masukin ketangan gw tapi sebenarnya teknik gw salah. Huff... saat itu gw mulai ngerasa kayaknya gw ngulang nih. Di akhir ujian, gw iseng tanya gw lulus atau gak ke pengujinya dan ternyata dia bilang "Lulus" sambil ngangguk. AAAAA Alhamdulilah... rasanya gw lega bangetttt dan itu jadi mood booster gw untuk ujian selanjutnya :D :D :D
Hmmm kayaknya pas adegan gw pake sarung tangan, pengujinya gak liat gw hihihi...

ANTROPOMETRI

Setelah dari ruang cuci tangan, gw masuk ke ruang antropometri. Pemilihan ruangan bener-bener gak berurutan. Kalo ruangannya kosong yaudah masuk aja. Nah di antopometri gw harus pilih 1 kertas diantara 3 kertas yang digulung. Gw dapet kertas yang isinya....... Tebal Lemak Kulit (sh*t! ) Alright, gw selalu dapat apa yang gw takutin. Tapi justru gw udah punya persiapan banget untuk itu :D
Seperti sebelumnya, gw ngisi kertas identitas dulu baru mulai ujian. Pas pengen gunain cairan antiseptis, gw nyari-nyari botol antiseptisnya kok gak ada ??? Panik... okey hampir ngeblank...tapi yaudah lah gw pake apa yang ada dimeja. Akhirnya gw gunain air akua gelas. Gw tumpahin sedikit ke tangan gw seolah-olah itu cairan antiseptis. Setelah itu, gw harus mengkaliberasi alat ukurnya dan lagi-lagi hampir ngeblank (>.<) alat ukur yg gw kaliberasi cuma kaliper harusnya pita ukurnya juga. Tapi setelah itu gw langsung berpikir cepat dan pura-pura mengkaliberasi pita ukurnya dengan merentangkan pita ukurnya terus sambil bilang "pita ukurnya tidak rusak" :D Lalu, gw mulai mengukur tebal lemak kulit si OP. Harusnya sih gw minta OPnya buka baju tapi dia udah buka baju jadi gak perlu lagi gw suruh. Pas lagi ngukur, dosen penguji mendekat kearah gw. Hmmm agak grogi sih tapi gw konsen aja sama apa yang lagi gw ukur. Lalu, antropometri pun selesai tanpa komentar apapun dari dosen pengujinya. Disitu gw berharap, diem-diem gitu semoga dia baik hati....

WAWANCARA

Alright. ruangan ketiga gw adalah ruangan wawancara. Di ruangan ini beda banget sama di ruangan antropometri. Gw mendapatkan banyak komentar waaa..... Jadi, pertama-pertama gw menulis identitas gw lagi di selembar kertas yang berisi langkah-langkah ujiannya. Kemudian, gw disuruh milih topik wawancaranya dengan cara mengambil satu kertas dari lima kertas yang disediain oleh pengujinya. Gw juga dikasih selembar kertas untuk mencatat hasil wawancaranya. Setelah itu, ujian dimulai....
Okey, topik yang gw dapet adalah tentang rokok dan udah disediain pertanyaannya. Seinget gw pertanyaannya sih begini "Bagaimana menurut Anda merokok itu?" dan narasumbernya jawab "Ya Asik" nah, kalo jawaban kayak gitu gw harus menanyakannya lebih jelas lagi. "Asik bagaimana maksud bapak?" dan dia jawab lagi "Asik karena ada kepuasan tersendiri". Kalo jawabannya kayak gitu udah cukup jelas. Pokoknya tips untuk ujian ini adalah tanyakan saja apa yang kira-kira belum jelas ;) Pertanyaannya sih ada 2 tapi gw lupa satu lagi. Setelah selesai wawancara, waktunya penguji memberikan komentar. Dosen gw bilang kalo gw gak konsisten soal panggilan untuk narasumber. Katanya gw nyebutnya suka "Bapak" suka "Saudara" jadi gak konsisten harusnya pilih salah satu. Well, gw gak sadar kalo gw nyebutnya begitu. Terus dosen penguji gw bilang kalo gw juga gak konsisten saat menulis hasil wawancara. Iya sih awal-awal gw nulis diatas meja terus kemudian gw nulis dipaha. Jujur, gw baru inget pas nulis di meja kalo seharusnya gw nulisnya dipaha biar gak keliatan sama narasumber tapi gw ngeles hehehe gw bilang "Saya cuma ingin ganti posisi aja Bu". Tapi pengujinya bilang "Justru dengan seperti itu bisa menimbulkan rasa curiga oleh narasumber karena terlihat ada sesuatu yang dirahasiakan" Ohh jadi gitu... okey gw dapet pelajaran sekarang kalo emang ga boleh nulis ngumpet-ngumpet begitu. Sebelum keluar dari ruangan gw sempet nanya "Bu, saya lulus gak?" tapi pengujinya gak mau ngasih tau :( huuuuu....

VITAL SIGN 

Ruangan terakhir yang gw masuki adalah ruangan vital sign. Di ruangan ini gw dapet banyak banget pressure. Sampe-sampe dirumah gw nangis dan terus kepikiran. Sebelum masuk ruangan gw sempet pinjem jam tangan Dayu karena jam tangan dia ada patokan garis-garisnya sedangkan gw polos. Untung dia baik mau pinjemin :D (Thanks banget Dayu). Gw bingung banget pas awal-awal. Gw bingung karena gw dipanggil masuk ke dalam ruangan sementara temen gw belum selesai ujian. Didalam, dosen pengujinya nanya ke gw "Kamu yang terakhir ya?"
"Bukan dok, masih ada mahasiswa diluar lagi ngantri"
"Lho emang berapa orang lagi?", "ada 3 orang lagi dok"
"Waduh masih banyak. Yaudah cepet sekarang kamu periksa suhu tubuh, frekuensi nafas, dan denyut nadi si OP"
"Hmmm tekanan darahnya gak dok?"
"Kan lagi dipake mbak sama temen kamu...." katanya sewot. 

Dalem hati, gw bener-bener bingung tapi yaudah gw ikutin apa yang dibilang penguji. Gw langsung ke samping tempat tidur OP terus ngeliat termometernya udah ada di aksila OP. Gw tanya lagi ke dosennya "Dok, ini masih nempel termometernya" , "Ya kamu ambil mbak.... bacain suhunya tuh ke temen kamu!" katanya sewot lagi , "Hmmm iya dok". Yaudah gw ambil aja langsung termometernya terus gw kasih tau ke Demma berapa suhunya. Tapi kayaknya Demma gak denger gw deh soalnya dia pake stetoskop dan keliatan lagi sibuk ngukur tekanan darah (-_-"). Gak lama dosennya ngomong ke Demma "Kamu ngapain aja sih? udah sejam periksa tekanan darah mulu" Eh lebay gila sejam dari Hong Kong perasaan baru beberapa menit deh. Terus si Demma langsung gerak cepat ngerapihin tensimeter dan stetoskopnya. Gw sekarang harus periksa denyut nadi si OP. Hmmm mana nih? *ngeraba-raba arteri radialis* kok gak berdenyut?? mana nih?? aaaaaaaaa... akhirnya kerasa juga sih tapi lemah bgt. Gw ngelaporin hasilnya ke OP tapi dosennya ngomel ke gw "Kamu lapor ke saya bukan ke pasien!","E... iya dok". Lalu lanjutlah ke frekuensi nafas. Gw pakai teknik palpasi (meraba) bahu OP dengan kedua tangan sambil liat jam tangan. Pertama-tama kok si OP gak nafas-nafas....eh tapi akhirnya dia nafas juga hehehe gak ngerti deh kenapa dia tahan nafas kayak gitu. Lalu pemeriksaan terakhir adalah tekanan darah. OMG, gw bener-bener ngelakuin kesalahan yang fatal banget disini ya Allah...pas lagi muter tuas pompaan tensimeter, tuas kecilnya itu copot!! dan jatuh ke lantai !! gw agak shock jadi gw sempet bilang "Hah!" dan ekspresi gw keliatan bgt shocknya... cepet-cepet gw ambil tuas kecil itu dan pasang lagi di tempatnya. Hmmm dan gw sempet denger sedikit dosen pengujinya ngomelin gw gara-gara tuasnya copot. Lalalala~ sorry dok saya pake stetoskop jadi gak terlalu kedengeran hehehhe :p Kemudian, gw ukur tekanan darahnya. Agak kesusahan sih karena pas perabaan nadinya gak terlalu kerasa tapi setelah dipompa terasa dan setelah pakai stetoskop juga kedengeran. Kemudian, setelah tekanan darah selesai gw main langsung ngelapor aja alhasil diomelin lagi (-_-") "Kamu rapihin dulu dong alat-alatnya baru lapor ke saya gimana sih! Kalo gitu kan kasian tuh pasiennya. Kesakitan tuh pasiennya!" katanya dengan marah. Terus gw langsung beresin alat-alatnya dan lapor ke dosen penguji tentang hasil pemeriksaan yang gw lakuin tadi. Oya tadi pas gw lagi periksa tekanan darah, si Dayu (yang pinjemin jam tangannya ke gw) udah disuruh masuk aja sama tuh dosen dan langsung disuruh hal yang sama kayak gw. Tapi... duh jam tangan dia kan lagi gw pake tuh, gw pengen balikin tapi masa lagi periksa tekanan darah gitu... gak tepatlah kayak gitu balikin jam. Menurut gw enakan setelah gw selesai semua. Tapi kalo gak dibalikin, Dayu gimana ngukur denyut nadi dan frek nafas?? (disitu gw gak tau ternyata ada jam dinding diruangan) Akhirnya setelah gw selesai ngelaporin hasil pemeriksaan, gw coba balikin jam tangan Dayu. Belum juga diserahin jam tangannya dosen penguji gw ngomel lagi ke gw "Mbak kalo pinjem barang ya dibalikin....!" Dalam hati "Iya ini juga pengen dibalikin kali..." huh bikin sebel aja.... tapi akhirnya selesai juga ujiannya. Haaaaa :D legaaaaaaaa banget udah osce.

Beberapa minggu setelahnya. Temen gw yang bernama Azando ngebbm, dia bilang kalo gw dan dia oscenya lulus semua. Ah yang bener aja..gw kan udah kena omel di vital sign masa sih gw lulus semua?? Tapi setelah gw tanya dia tau dari mana eh dia kirim foto hasil oscenya. Ternyata bener keempat ujian itu gw lulus :D Ya Allah Alhamdulilah.... Ajaib banget ! karena harusnya vital sign gak lulus tapi lulus juga :D Seneng banget. Gw yang disaat itu lagi dimobil sama mami, aa, dan oni langsung ngasih tau ke mereka kalo gw lulus. Mami seneng banget :D soalnya gw cerita juga ke mami soal omelan dosen waktu itu jadi mami pasti tau betapa senangnya dapet pengumuman lulus :D
Pas masuk kuliah, gw coba ngecek lagi hasilnya di mading Yarsi Mini Hospital. Banyak juga mahasiswa yang lagi liat hasilnya saat itu. Gw jadi gak bisa terlalu dekat sama kertas pengumumannya tapi masih tetep keliatan sih. Iyaaa! gw lulus osce :D gak ada yang her Alhamdulilah....Ini semua berkat Allah SWT yang udah ngabulin doa gw :)



Dan ini dia buku skills lab Yarsi untuk semester 1.... :)




The End

Tidak ada komentar:

Posting Komentar